breaking news New

Ini Dia Tips Persiapan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah

gambar tersebut menyebutkan beragam persiapan sebelum berangkat ke mekkah gambar tersebut menyebutkan beragam persiapan sebelum berangkat ke mekkah

Ini Dia Tips Persiapan Ibadah Haji ke Tanah Suci Mekkah

Sebelum berangkat, Anda perlu mengetahui beragam tips persiapan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Sebab, masih banyak jamaah yang belum memahami apa saja yang harus dipersiapkan untuk menunaikan rukun islam yang ke 5.

Jika tidak, maka ibadah haji yang Anda laksanakan bisa saja dianggap tidak sah. Bahkan, Anda bisa saja gagal berangkat menunaikan ibadah haji karena kurangnya persiapan dari para calon jamaah.

Memang, beberapa calon jamaah haji kerap menyepelekan beberapa persiapan-persiapan dalam menjalankan ibadah haji. Untuk itu, ketahui apa saja persiapan yang wajib Anda ketahui sebelum berangkat ke tanah suci Mekaah untuk menjalankan rukun islam yang ke 5.

Tips Persiapan Ibadah Haji agar Lancar Sampai Kembali ke Indonesia

Bagi calon jamaah yang baru saja berangkat ibadah haji, tentu Anda perlu mengetahui beragam persiapan sebelum ke tanah suci Mekkah. Sebab, persiapan ini wajib Anda ketahui agar proses ibadah haji tidak mengalami kendala hingga sampai kembali ke Indonesia.

Sehingga, Anda bisa dikatakan sebagai jamaah haji yang mabrur. Oleh karena itu, ini dia beragam tips persiapan ibadah haji yang harus Anda ketahui agar tidak mengalami kendala hingga sampai ke Indonesia. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Mempersiapkan Paspor

Tips yang pertama adalah mempersiapkan paspor terlebih dahulu. Setiap calon jamaah haji wajib memiliki paspor untuk dapat bepergian ke luar negeri, termasuk menjalankan ibadah haji ke Arab Saudi.

Umumnya, proses pembuatan paspor ini dibantu oleh pihak travel agen. Akan tetapi, Anda bisa mengurus paspor secara mandiri. Sebab pengurusan paspor secara mandiri tentu lebih cepat dibandingkan secara kolektif.

  1. Mempelajari Rukun Haji

Tips yang kedua yaitu mempelajari apa saja rukun haji. Dalam melaksanakan ibadah haji, terdapat beberapa rukun yang harus Anda pahami. Jika Anda melewatkan satu saja rukun haji, maka dapat dikatakan bahwa ibadah haji dianggap tidak sah.

Anda bisa mempelajari rukun haji melalui agensi tour dan travel. Para pembimbing akan memberikan arahan terkait rukun haji hingga doa-doa yang harus Anda lafalkan ketika berada di depan Ka'bah.

  1. Mempersiapkan Perlengkapan Selama Beribahah Haji

Tips persiapan ibadah haji yang ketiga adalah mengetahui apa saja perlengkapan dalam menunaikan ibadah haji. Perlu Anda ketahui bahwa suhu di Arab Saudi terbilan cukup panas.

Sehingga, Anda disarankan untuk menggunakan pakaian khusus serta membawa alas kaki cukup banyak. Dengan begitu, maka tubuh tetap terlindungi dari panas sinar matahari dan Anda bisa dengan nyaman melakukan ibadah haji.

  1. Mempersiapkan Biaya untuk Menjalankan Ibadah Haji

Tips yang keempat yakni mempersiapkan biaya-biaya yang timbul selama menjalankan ibadah haji. Ya, Anda harus memperkirakan biaya selama berada di Arab Saudi untuk menjalakan ibadah haji.

Rata-rata, biaya yang muncul selama melaksanakan ibadah haji adalah membeli makan, oleh-oleh, atau biaya keperluan pribadi selama di penginapan. Jadi, usahakan Anda membawa cukup uang untuk keperluan selama beribahan haji.

  1. Mencari Jasa Travel Haji Terpercaya

Tips persiapan ibadah haji yang kelima adalah mencari jasa travel haji terpercaya. Tercatat, ada banyak kasus penipuan dengan kedok travel haji dengan harga murah. Sehingga, banyak orang tergiur dengan agensi travel haji tersebut.

Akibatnya, Anda pun bisa saja gagal berangkat karena pihak agensi travel haji tidak memiliki izin beroperasi dari Kemenag. Untuk itu, Anda harus selektif dalam memilih jasa travel haji di Indonesia.

Pastikan agen travel tersebut telah berpengalaman untuk memberangkatkan para calon jamaah haji ke tanah suci Mekkah. Dengan begitu, resiko tertipu dengan modus travel ibadah haji dapat Anda minimalisir.

  1. Mempersiapkan Segala Keperluan Pribadi

Tips yang keenam adalah mempersiapkan segala keperluan pribadi. Anda disarankan untuk membawa koper pribadi sebagai tempat menaruh barang bawaan selama beribadah haji.

Sehingga, Anda tidak perlu membeli perlengkapan pribadi di Mekkah maupun Madinah. Selain itu, bawalah kain ihram lebih dari satu setel pakaian. Selain itu, Anda disarankan membawa vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh selama menjalankan ibadah haji.

Ibadah haji merupakan penyempurna rukun islam bagi kaum muslimin. Dalam menjalankan ibadah haji, maka ada beragam persiapan yang harus Anda ketahui. Tujuannya  agar Anda bisa menjadi seorang haji yang mabrur. Untuk itu, ketahu tips persiapan ibadah haji ke tanah suci Mekkah, Arab Saudi.