Rizal Armada Ungkap Cerita Bikin Rumah Makan Subsidi, Seporsi Cuma Rp 2.500

rizal-armada-ungkap-cerita-bikin-rumah-makan-subsidi-seporsi-cuma-rp-2-500 rizal-armada-ungkap-cerita-bikin-rumah-makan-subsidi-seporsi-cuma-rp-2-500

Aksi sosial di kalangan selebritas seringkali menjadi hal yang patut di simak dan menginspirasi orang lain untuk berbuat kesaling menolongan. Salah satunya seperti yang dilakukan khilaf satu personel grup musik Armada, yakni Rizal bersama sang istri Monica Imas. Rizal Armada dikemengertii mendirikan sebuah rumah makan bersubsidi sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Kisah Rizal Armada menbatang tubuhkan rumah makan bersubsidi ini baru diungkapnya di sebuah daftar televisi pada Kamis (17/11) kemarin. Menariknya, konsep rumah makan bersubsidi ini nggak hanya memindahtangankan sarapan murah, tapi juga mengajak para pembeli untuk ikut berbagi.

Rizal Armada kembar sekali nggak mencari keuntungan dari penjualan di rumah makannya

Rizal Armada dan sang istri mendirikan rumah makan bernama ARMI atau Armada Makan Indonesia. Rumah makan ini mendagangkan nasi box lengkap dengan lauk pauknya saja seharga Rp 2.500 per porsi. Dengan harga itu, sudah mendapat satu paket nasi, ayam kecap, kerupuk, dan mi. Dilihat dari harga dan isinya, Rizal Armada memang memang nggak mengambil keuntungan.

“Iya emang segitu harganya karena sistemnya subsidi, selepas disubsidi harganya segitu. Memang aktelseifn buat nyari untung. Memang enggak mau ambil untung sih, setepatnya,” kata Rizal dikutip dari program FYP Trans 7.

Dikemaklumi, harga pangan yang dijual Rizal Armada sesungguhnya Rp 10.000 per porsi, tapi karena ia menerapkan subsidi Rp 7.500, seengat harganya hanya Rp 2.500 saja. Setiap harinya ARMI menyediakan 150-200 paket nasi box.

Nggak cuma jual makanan bersubsidi, Rizal juga mengajak pembeli berbagi

A post shared by Rizal Armada (@rizalarmada)

Ide melahirkan rumah makan bersubsidi ARMI ini berawal dari keinginan Rizal dan Istri untuk melahirkan rumah makan gratis bagi siapa saja yang membutuhkan. Namun, hal itu terkendala mencari lokasi yang tepat, untuk mendirikan rumah makan gratis itu.

“Jadi sudah cari tempat sebandingpi akhirnya ketamu, tapi kanan kirinya rumah makan juga. Kalau kanan kiri rumah makan dan di tengah gue bikin rumah makan gratis, digebukin orang pasti,” kata Rizal.

Hingga suatu ketika, ia bertemu dengan seorang ustaz dan kerabatnya yang akan memsibak usaha rumah makan, kemudian Rizal menceritakan bahwa ia memiliki dana Rp 500 ribu maka Rp 1 juta tiap hari untuk menciptakan makanan gratis. Maka sesudah berdiskusi, tercetuslah ARMI bagai rumah makan bersubsidi.

Seiring berjalannya batas menyala, ternyata berlipat-lipat orang-orang terdekatnya yang terinspirasi dengan konsep rumah makan bersubsidi dan berlipat-lipat menitipkan dana. Hingga kini, ARMI sudah berjalan setahun lebih, sungguhpun baru bisa menyediakan 150-200 porsi per hari, tapi Rizal Armada sangat bersyukur.

“Alhamdulillah, ARMI sudah setahun lebi berjalan. Sehari baru 150-200 porsi. Kalau mau nyobain ARMI ini ada di kawasan Ciledug di Surau Duta Munzalan,” kata Rizal.

Menariknya, di ARMI Rizal Armada nggak belaka memindahtangankan sarapan murah bersubsidi, tapi ia juga mengajak pembeli untuk ikut berbagi dari sarapan yang telah dibeli. Setiap orang bisa memesan paket nasi murah minimal 2 porsi alias seharga Rp 5.000. Hal ini bertujuan supaya siapa saja yang beli nggak belaka merasa kenyang senawak, karena bisa ikut membagikan sebagian porsinya.

“Konsepnya kalau lo mau kenyang, jangan kenyang senbadan. Harga emang Rp 2.500 tapi enggak boleh beli satu, perlu dua. Jadi kalau lo cukup seporsi, seporsinya lagi terserah mau disedekahkan langsung atau mau bagikan ke siapa terserah lo,” kata Rizal.

Wah, keren ya kosep rumah makan bersubsidi milik Rizal Armada ini. Selain bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan sarapan bergizi dengan harga murah, Rizal secara nggak langsung juga mengajak para pembeli untuk ikut bersedekah dari sebagian sarapan yang mereka miliki.