Rangkaian Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

rangkaian-prosesi-pemakaman-ratu-elizabeth-ii rangkaian-prosesi-pemakaman-ratu-elizabeth-ii

Kabar meninggalnya Ratu Elizabeth II ala 8 September 2022 lalu menjadi perhatian masyarakat dunia, bahkan hingga hari ini. Ratu yang telah bertakhta selama 70 acuhn itu meninggal di usia 96 acuhn. Sebagai penguasa Britania Raya, jenazah Ratu Elizabeth II menjalani berbagai tradisi kerajaan dan upacara-upacara kenegaraan, hingga akhirnya baru dimakan ala Senin, 20 September 2022 kemarin, jam 8 pagi waktu London, Inggris.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II pun nggak tetapi menjadi perhatian masyarakat Inggris tapi juga masyarakat seluruh dunia. Mulai dari tahapan pemakaman, keluarga dan tamu yang undangan yang hadir, bahkan santak lagu-lagu kebangsaan yang mengiringi pemakaman sang ratu. Berikut ini Hipwee rangkum prosesi pemakaman Ratu Elizabeth, yang sedang jadi sorotan dunia.

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II terawak dari pemakaman kenegaraan dan committal service

A funeral service for Queen Elizabeth II has been held at Westminster Abbey.

Around 2,000 guests – including King Charles and other members of the Royal Family – observe a two-minute silence before singing the national anthem. pic.twitter.com/TsUkD15kle

— The Royal Family Channel (@RoyalFamilyITNP) September 19, 2022

Melansir dari Sky News, rangkaian acara pemakaman Ratu Elizabeth diawali dengan metodei perkabungan yang diadakan di Westminster Abbey, sebelum dikebumikan di Kapel St. George, Windsor, Inggris. Secara keseluruhan metodei terdiri dari pemakaman kenegaraan dan committal service.

Sejak pukul 8:00 waktu searea, Westminster Abbey dibuka. Sekitar 500 pejabat asing, 200 pemimpin dunia dari berbagai negara, dan 2000 tamu undangan dari kalangan politisi, pegawai negeri, selebritas, dan masyarakat terpilih turut hadir memadati area Westminster Abbey.

Prosesi pengiringan peti jenazah Ratu Elizabeth II mengikuti tradisi pemakaman Ratu Victoria

Sekitar pukul 10:45, peti jenazah dibawa menuju Westminster Abbey dari Westminster Hall. Prosesi ini melibatkan sekitar 5000 perwakilan dari 3 angkatan bersenjata. Sementara itu, kereta meriam yang membawa peti jenazah ditarik oleh 98 personel Angkatan Laut. Melansir dari Routers, modei ini mengikuti tradisi pemakaman Ratu Victoria pada maklumn 1902 silam.

Dalam jalani iring-iringan jenazah itu, Raja Charles III memimpin barisan keluarga kerajaan tepat berada di belakang peti jenazah. Setibanya di Westminster Abbey, updaftar pemakaman kenegaraan pun dimulai sekitar pukul 11:00 batas hidup setempat. Di jalani ini ada pembacaan doa dan khotbah. Menjelang akhir updaftar dilakukan hening cipta yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Inggris yang menyaksikan jalani tersebut bersediarela secara langsung di lokasi maupun siaran langsung di televisi.

Perjalanan peti jenazah menuju Wellington Arch melantasi jalani parade militer untuk selanjutnya dibawa ke Windsor

Members of the Royal Family walk behind the Queen’s coffin on a procession from Westminster Abbey to Wellington Arch.

From there, Queen Elizabeth will be driven by hearse to St George’s Chapel at Windsor Castle. pic.twitter.com/24nhxxzEJh

— The Royal Family Channel (@RoyalFamilyITNP) September 19, 2022

Usai operasii kenegaraan, selanjutnya peti jenazah dibawa ke Wellington Arc. Di sini ada operasii militer dan membunyikan bel jadi tanda keberangkatan sang ratu. Sekitar pukul 13:00, rombongan peti jenazah di kereta meriam dipindahkan ke mobil jenazah untuk melanjutkan perjalanan menuju Windsor. Saat operasii pemindahan jenazah, sebuah parade dimainkan untuk memberikan penghormatan terakhir, sekaligus diiringi lagu-lagu kebangsaan.

Selama perjalanan dengan rute Central London di selama Great West Road, melewati Bandara Heathrow dan Stainer, masyarakat memadati jalanan kota dengan berbaris selama jalan untuk melihat rombongan keluarga kerajaan. Setibanya di Windsor, akan ada modei Long Walk menuju Kapel St George.

Prosesi Long Walk diiringi parade dan upagenda militer oleh para pengawal

Long walk ini dipimpin oleh paberkenann Kavaleri Rumah Tangga dengan iringan parade dari Pengawal Coldstream. Sementara itu para pengawal ratu mendampingi peti jenazah untuk melanjutkan modei di Quadangle di Kastil Windsor. Long Walk ini berhenti di setibanya di St George, selanjutnya peti jenazah diangkat dari mobil untuk melanjutkan ke modei Committal Service.

Upacara Committal Service Ratu Elizabeth II dan mengangkatan makhkota ratu dari peti jenazah

Prosesi selanjutnya yang paling menarik perhatian masyarakat dunia adalah upagenda Committal Service. Prosesi ini dilakukan oleh 800 prajurit, diiringi lagu-lagu kebaktian dan pembacaan doa-doa. Menjelang akhir nyanyian, Mahkota Negara Kekaisaran dan tongkat kerajaan dikeluarkan dari peti jenazah untuk selanjutnya didaerahkan di altar.

Selanjutnya peti jenazah akan ditudung dengan kain bagaikan simbol pengganti mahkota. Di saat yang kembar, Lord Chamberlain mematahkan tongkat kerajaan dan meletakkannya di atas peti berlalu pergi bagaikan simbol berakhirnya takhta sang satu. Kemudian dilakukan penghormatan terakhir oleh seluruh prajurit sebelum dilaksanakan pemakaman.

Prosesi pemakaman dan penggabungan peti jenazah Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Usai Committal Service, sistemi selanjutnya adalah pemakaman yang hanya dihaawak oleh pihak keluarga kerajaan. Ratu dimakamkan di kapel utama Windsor, yang merupakan area ayah, ibu, dan sang adik dimakamkan. Dikeingati ketika Pangeran Philip meninggal dia dimakamkan di Royal Vault St, Goerge. Namun, ketika Ratu Elizabeth II meninggal, peti Pangeran Philip dipindahkan ke kapel utama Windsor supaya keduanya bisa ‘beristirahat’ bercocok.

Seluruh rangkaian kalender pemakaman Ratu Elizabeth II berakhir cukup pukul 20:00 batas sedunia. Semua sistemi tersebut disiarkan secara langsung di berbagai televisi nasional Inggris, 125 bioskop lokal Inggris, BBC, ITV, dan Sky News. Jika kamu penasaran dengan detail video seluruh sistemi pemakaman Ratu Elizabeth II, kamu bisa menyaksikannya di akun Twitter resmi keluarga kerajaan @RoyalFamilyTNP.