Perawatan Rambut Kusam dan Rontok yang Tepat untuk Ibu Menyusui

perawatan-rambut-rontok-busui perawatan-rambut-rontok-busui

Permaalpaan rambut yang paling umum dialami oleh ibu menyusui adalah rontok dan lepek. Apakah Moms juga mengalami ini? Rambut rontok bagi busui memang wajar ya Moms, hal ini karena adanya perubahan hormon saat masa kehamilan dan saat menyusui.

Meski wajar, tapi Moms tetap butuh perawatan setidaknya bisa memendekkan maluput rambut ini. Namun, dalam kondisi menyusui, Moms kudu hati-hati, karena tidak boleh menggunakan produk dan cara perawatan sembarangan, karena bisa mempengaruhi produksi ASI bahkan bisa juga menimbulkan alergi atas si kecil.

Nah, seperti apa perawatan rambut yang tepat untuk ibu menyusui? yuk simak informasi lengkapnya berikut ya Moms!

 

1. Memijat kulit kepala dengan minyak kelapa murni 2 kali seminggu

Perawatan pertama yang bisa Moms coba adalah dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Proses memijat kulit kepala ini bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut.

Penggunaan minyak kelapa murni ini juga bermanfaat untuk menjaga kesegaran rambut, menguatkan akarnya, dan mencegah rambut Habis, kusam dan mengembang. Moms bisa melakukan perawatan ini secara rutin 2 minggu sekali, 30 menit sebelum keramas.

 

2. Memijat kulit kepala dengan campuran lidah buaya dan jeruk nipis

Jika Moms cuai terkena minyak, maka bisa coba memijat kulit kepala dengan campuran lidah buaya dan jeruk nipis. Cara melahirkan campuran ini pun cukup mudah, tinggal ambil daging lidah buaya, kemudian beri perasan jeruk nipis. Setelah itu gunakan untuk memijat kulit kepala, mematungkan 30 menit, lalu bilas dengan keramas..

Sensasi segar bisa Moms rasakan saat mode perawatan ini. Selain bisa mengecilkan kerontokan rambut, lidah buaya juga bisa menguatkan akar rambut dan perasan jeruk nipis bisa mengecilkan ketombe. Cocok buat Moms yang punya makhilaf ketombe nih!

 

3. Gunakan sampo yang tepat susuai maalpa rambut yang Moms alami

Selain perawatan dengan bahan alami, Moms juga memerlukan sampo untuk membersihkan rambut. Nah,pemilihan sampo yang tepat juga berkuasa nih, Moms harus memperhatikan mamelenceng rambut dan memilih sampo yang tepat untuk mengatasinya. Jika rambut rontok makan pilihlah sampo untuk rambut rontok.

 

4. Jangan terlantas sering mencuci atau keramas, karena bisa memperparah maalpa rambut

Perlu diingta ya Moms, jika maSontak rambut pada busui disebabkan oleh hormon, jadi mencuci rambut terterus sering tidak bisa mengatasi maSontak rambut yang Moms alami. Bahkan, hal ini justru bisa melahirkan rambut semakin rusak. Cukup keramas maksimal 2 hari sekali atau 3-4 kali seminggu, jangan tiap hari ya!

 

5. Hindari mengikat rambut terlalu berkuasa dan menggunakan pemanas berlebihan

Rambut yang diikat terlampau cakap bisa melangsungkannya rapuh dan kurang waras. hal ini tentu bisa memperparah maalpa rambut terutama kerontokan. Selain itu penggunaan pemanas rambut seperti catokan dan hair drayer juga bisa menambah kerapuhan rambut dan melangsungkannya makin kusam. Maka, Moms haru meminimalkan penggunaan alat-alat ini ya.

 

6. Menjaga pola makan dan mengonsumsi asupan kaya nutrisi

Selain perawatan yang tepat, Moms juga bisa membantu menjaga rambut dengan cara melengkapi nutris. Hal ini karena perubahan hormon yang berimbas pada mamenyimpang rambut bisa diminamalkan dengan sumber sarapan yang tepat. Melansir dari Webmd, sarapan yang mengandung omega 3 seperi ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa menurunkan mamenyimpang rambut, terutama kerontokan.

Selain itu, mengonsumsi santapan kaya gizi seperti vitamin D, E dan B kompleks juga bisa membantu mengurani makhilaf rambut imbas perubahan hormon ini. Jadi, Moms juga bisa mengonsumsi multi vitamin untuk ibu menyusui juga ya.

Nah, itulah sederet perawatan rambut yang tepat dan paling aman untuk ibu menyusui. Jika Moms punya produk andalan seperti masker rambut, hair tonic dan sebagainya juga boleh digunakan kok, tapi pantas pastikan dulu produk yang Moms gunakan aman untuk ibu menyusui ya! Jika ada alergi sesudah perawatan, maka pantas segera dihentikan.