breaking news New

Ini Dia 3 Kuliner Khas Lasem Yang Bisa Kamu Jadikan Oleh Oleh

Lasem adalah salah satu daerah di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Kawasan ini menawarkan banyak sekali tempat wisata indah dan kuliner yang lezat. Tidak lengkap rasanya apabila berwisata tanpa membawa oleh oleh untuk orang orang tersayang di rumah. Sambil berjalan jalan, kamu perlu mampir ke beberapa toko oleh oleh untuk membeli kuliner khas Lasem yang murah meriah.

Namun, kamu perlu tau dulu, apa saja kuliner khas Lasem yang cocok untuk dijadikan oleh oleh dan dibawa dalam jumlah banyak. Berikut ini 3 kuliner khas Lasem yang perlu kamu tau.

1. Yopia

Yopia adalah makanan tradisional Tiongkok yang juga populer di Lasem. Makanan ini adalah sejenis bakpau dengan warna putih khas nya, namun Yopia mempunyai tekstur yang lebih keras jika dibandingkan dengan bakpau yang lembut. Selain itu, bakpao biasanya ditawarkan dengan berbagai varian rasa, namun Yopia hanya berisi gula mereah saja.

Meski luar Yopia ini lebih keras dari bakpao, tapi makanan gula merah di dalamnya akan lumer di mulut saat dikonsumsi. Memiliki cita rasa yang manis dan gurih membuat banyak orang ketagihan dengan makanan ini. Yopia sangat sulit ditemukan di daerah lain, jadi jika kamu berkunjung ke Lasem, jangan lupa coba makanan ini ya.

2. Rengginang Teri

Kamu pasti tidak asing dengan makanan ini. Sama hal nya dengan rengginang pada umumnya, cita rasa dari makanan ini juga gurih dan renyah. Hanya saja rengginang ini ditambahkan dengan ikan teri untuk membuat rasa mejadi lebih kuat dan nikmat.

Jika kamu ingin mencari oleh oleh yang sehat, bergizi, lezat, dan disukai semua kalangan, sepertinya rengginang ini sangat cocok untuk kamu bawa. Camilan ini bisa kamu temukan di toko oleh oleh atau pasar tradisional di Kabupaten Rembang, Lasem dengan harga sekitar RP 25.000 saja per bungkusnya.

3. Dumbeg

Makanan ini adalah jenis makanan tradisional Indonesia zaman dulu. Camilan khas Jawa Tengah ini memiliki cita rasa manis, gurih, lembut, dan dijamin bikin ketagihan.

Terbuat dari gula pasir, tepung beras, air pohon nira, semua bahan tersebut dicampur rata dan dibungkus dengan daun lontar yang kemudian dibentuk memanjang. Makanan ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 500 perak saja, murah sekali bukan? Kamu juga bisa membelinya 1 ikat hanya dengan harga RP 5.000 saja.


Nah, itu dia 3 makanan khas Lasem. Ga perlu bingung lagi mikirin oleh oleh untuk orang tersayang, karena Lasem menawarkan begitu banyak kuliner khas yang lezat.